Wednesday, March 16, 2011

6 derajat Celcius yang sangat menentukan

Pemanasan Global menimbulkan banyak masalah bagi kehidupan manusia dan alam sekitarnya. banyak kerugian yang ditimbulkan; banyak bencana alam, siklus musim yang kacau balau, suhu rata-rata bumi meningkat, es mencair di kutub, level air laut meningkat, pulau-pulau kecil tenggelam, kelaparan dan banyak hal buruk lain.

mungkin kita tidak tau, tapi setiap kenaikan suhu 1 derajat celcius di khatulistiwa, which means, di daerah NKRI, adalah sama dengan kenaikan 12 derajat celcius di daerah kutub! jelas dong, kenapa es bisa sampai mencair?

karena itulah, para ahli global warming melakukan penelitian tentang kenaikan setiap 1 derajat celcius dan memprediksikan tingkat kebahayaan yang ditimbulkan...
dan hasil penelitiannya adalah:

Kenaikan Suhu 1 Derajat:
Pada kenaikan suhu 1 derajat, Kutub Utara akan kehilangan es setengah tahun penuh, Atlantik Selatan yang sebelumnya tidak ada badai akan mengalami serangan badai dan di barat AS terjadi kekeringan parah yang mengakibatkan banyak penduduk menderita.
Kenaikan Suhu 2 Derajat
Beruang kutub berjuang untuk hidup saat lapisan es mencair. Lapisan es di Greenland mulai menghilang, sedangkan batu karang menjadi lenyap. Permukaan air laut mengalami kenaikan 7 meter secara global.

Kenaikan Suhu 3 Derajat
Hutan hujan di Amazon mengering dan pola cuaca El Nino bertambah intensitasnya menjadi sesuatu yang biasa. Eropa secara berulang mengalami musim panas yang teramat panas yang sangat jarang terjadi sebelumnya. Jutaan dan milyaran orang akan berpindah dari sub tropik menuju daerah pertengahan garis lintang.
Kenaikan Suhu 4 Derajat
Air laut akan meninggi dan meluap membanjiri kota-kota di daerah pesisir. Menghilangnya lapisan es akan mengurangi banyak persediaan air tawar. Suatu bagian di Kutub Selatan akan tenggelam dan menyebabkan area air yang meluap semakin jauh. Temperatur musim panas di London akan menjadi 45ÂșC.
Kenaikan Suhu 5 Derajat
Daerah yang tidak bisa dihuni semakin menyebar, tumpukan es dan air tanah sebagai sumber air untuk kota-kota besar akan mengering dan jutaan pengungsi akan bertambah. Kebudayaan manusia akan mulai menghilang seiring dengan perubahan iklim yang dramatik ini. Dalam hal ini kelompok yang kurang mampu sepertinya akan menjadi paling menderita. Tidak ada lagi es yang tersisa pada kedua kutub seiring dengan punahnya bermacam spesies di lautan dan tsunami dalam skala besar memusnahkan kehidupan dekat pantai.
Kenaikan Suhu 6 Derajat
Pada kenaikan suhu 6 derajat, kepunahan massal sebesar 95% akan terjadi; makhluk yang masih hidup akan mengalami serangan badai dan banjir besar yang terus menerus; hidrogen sulfat dan kebakaran akibat gas metana akan menjadi hal yang biasa. Gas ini berpotensi menjadi bom atom dan tidak ada yang mampu bertahan hidup kecuali bakteri. Hal ini akan menjadi “skenario hari kiamat.”

see? isn't it so scary?

untuk mengalami kenaikan suhu 6 derajat celcius itu sangat mudah! bisa dalam setahun! andaikan kita tidak berusaha, maka kita harus bersiap mengucapkan selamat tinggal bagi peradaban :(          
dalam jangka waktu 20 tahun terakhir, suhu bumi rata-rata naik 15 derajat celcius!
itupun aktivitas industri dan penggunaan AC, lemari es dan laptop belum semarak sekarang -_-"

yuuk kita perangi global warming sama-sama... 

No comments:

Post a Comment