Saturday, May 28, 2011

10 Tahap Cara Mendaftar Web/Blog Anda Ketechnorati

Bagi kebanyakan blogger, service ini mungkin sudah sangat dikenal. Sedangkan bagi blogger pemula seperti saya, service ini mungkin harus diketahui dan digunakan.
Apa sebab?
Berdasarkan informasi dari beberapa sobat blogger, dan dari isi menu technorati, dapat ambil empat point penting yang menunjukkan apakah technorati itu. Yaitu technorati sebagai blog/rss directory, technorati sebagai blog search engine (khusus blog), technorati sebagai online borkmarking dan mungkin technorati sebagai tag aggregator. Disini kita ketahui bahwa technorati merupakan service yang berfokus pada blog. Jadi sebagai seorang blogger, sangat disayangkan jika tidak mengetahui hal ini.

Dengan menggunakan service ini, blog kita akan dicrawl dan disimpan dalam data blog technorati, import otomatis rss feed blog kita, deteksi tag-tag, juga link dari blog lain menuju blog kita. Lagi-lagi menyangkut masalah backlink dan rangking blog..

Fokus kali ini adalah kepada cara claim blog di technorati. Dan berikut ini adalah proses daftar technorati, hingga selesai proses validasi code token technorati:

1. Pertama Anda harus membuat account terlebih dahulu, klik disini!

2. Lengkapi datanya dengan baik, gunakan email yang aktif, dan jangan lupa isi captcha dan isi centang agreement-nya, lalu klik “Join”

3. Untuk melakukan aktifasi, sekarang buka email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi. Buka email dari technorati dan klik link aktifasinya, Setelah account Anda aktif, cari dan klik “sign in” untuk masuk ke halaman profil dan selanjutnya melakukan claim blog.

4. Sudah masuk? sudah isi username dan password dengan benar? Jika sudah, sekarang masuk ke halaman profile dengan klik pada link nama (account) Anda disamping photo profil, atau melalui link ini

5. Mulai claim blog, dibawah profil Anda, isikan url blog pada Start a blog claim, isikan misalnya http://lintasfacebook.blogspot.com/ , lalu klik “Claim”
6. Halaman selanjutnya, isi formulir dengan benar:

* Blog tittle : isi dengan tema blog Anda, misal blog ini temanya adalah “Lintas Facebook”
* URL : alamat blog, misal http://http://lintasfacebook.blogspot.com/
* Feed : rss feed blog, boleh alamat default seperti http://lintasfacebook.blogspot.com/feeds/posts/default, atau service pihak ketiga semisal feedburner
* Linking blogs : disini dapat dicantumkan tiga blog yang memiliki link menuju blog Anda, boleh tidak diisi
* Site description : keterangan blog, sesuaikan dengan tema blog
* Site categories : beri tanda centang pada kategori yang sesuai dengan blog Anda, Anda dapat memilih lebih dari satu kategori
* Site tags : isi setiap sel dengan kata kunci yang berhubungan dengan isi blog Anda. Bisa satu kata maupun lebih per selnya.

Lalu klik “Proceed to next the step
7. Pada halaman selanjutnya, yaitu halaman blog claim status, klik tombol “Return to profile” atau link ini

8. Lihat di bawah profil Anda, sekarang blog Anda sudah terdaftar, hanya saja masih dibutuhkan verifikasi kode token. Oleh karena itu, untuk mulai claim token, klik “Check Claim” di bawah gambar thumbnail blog Anda.

9. Dihalaman selanjutnya dapat Anda lihat teks dengan latar biru, yaitu PHPBA74STFF4 (kode di atas akan berbeda untuk setiap blog yang di daftar), adalah kode token yang harus kita tulis di halaman blog kita. Posting sebuah artikel yang berisi kode token tersebut, lalu publish. Postingan terserah Anda, bisa halaman kosong hanya berisi kode token, atau sekalian artikel seperti yang sedang Anda baca ini. Boleh kok copy paste asalkan anda mau mencantumkan link lintasfacebook.

10. Setelah yakin postingan itu terpublikasi, sekarang klik tombol “Verify Claim Token” pada halaman claim technorati, dan lihat hasilnya. semoga berguna dan bermanfaat untuk kemajuan web/blog teman-teman.

No comments:

Post a Comment