Monday, June 13, 2011

Kulit Kodok Dapat Menyembuhkan Penyakit Kanker

Sebuah penelitian mengenai kanker oleh tim yang dipimpin Profesor Chris Shaw di Universitas Queen, Belfast, Irlandia Utara, belum lama ini menemukan dua jenis protein yang dapat digunakan untuk mengontrol dan mengurangi angiogenesis, yaitu proses pertumbuhan pembuluh darah.

Dalam penelitian, protein ditemukan dalam proses sekresi pada kulit katak jenis Waxy Monkey Frog dan Giant Firebellied Toad kemudian melepaskannya kembali ke alam bebas. Shaw optimistis, alam punya solusi atas berbagai penyakit yang dihadapi manusia, "Tinggal bagaimana menemukannya."

"Protein yang kami temukan dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah," ujar Shaw. Menurut Shaw, kebanyakan sel tumor hanya dapat tumbuh sampai ukuran tertentu sebelum sel itu memerlukan pembuluh darah untuk tumbuh ke dalam tumor. Nantinya berfungsi menyalurkan zat makanan dan zat oksigen yang sangat penting.

"Menghentikan pertumbuhan pembuluh darah, membuat tumor mengecil dan tidak menyebar bahkan membunuhnya," tambah Shaw. Penelitian ini memperoleh penghargaan untuk penemuan medis dalam Medical Futures Innovation Awards di London.

No comments:

Post a Comment