Thursday, May 26, 2011

Pasukan Tentara Pada Zaman Yunani Kuno

hoplite adalah tentara warga negara-kota Yunani kuno-negara. Hoplites terutama bersenjata seperti tombak-pria dan berjuang dalam formasi barisan. Kata "hoplite" (bahasa Yunani:. Hoplitēs ὁπλίτης; pl ὁπλίται hoplitai) berasal dari "hoplon" (ὅπλον, ὅπλα hopla jamak), jenis perisai yang digunakan oleh tentara, meskipun, sebagai sebuah kata, "hopla "juga bisa menunjukkan senjata diadakan atau bahkan persenjataan lengkap. Dalam teks kemudian, hoplite istilah digunakan untuk menunjukkan adanya infanteri lapis baja, terlepas dari persenjataan atau etnis.
Sebuah hoplite terutama warga negara bebas yang biasanya individu bertanggung jawab atas pengadaan baju besi dan senjata. Di sebagian besar negara-kota Yunani, warga menerima setidaknya latihan militer dasar, bertugas di tentara berdiri untuk jumlah waktu tertentu. Mereka diharapkan untuk mengambil bagian dalam kampanye militer ketika mereka akan dipanggil untuk tugas. Warga Lacedaemonian (Sparta) yang terkenal untuk pelatihan pertempuran seumur hidup mereka dan kecakapan militer hampir mistis, sementara musuh terbesar mereka, orang Atena, dibebaskan dari layanan hanya setelah 60 tahun hidup mereka.
Waktu yang tepat ketika perang hoplitic dikembangkan tidak pasti, teori umum bahwa ia sedang didirikan kadang selama abad ke-8 atau ke-7 SM, ketika "usia heroik ditinggalkan dan sistem jauh lebih disiplin memperkenalkan" dan perisai Argive menjadi populer. Petrus Krentz berpendapat bahwa "ideologi perang hoplitic sebagai kontes ritual yang dikembangkan tidak dalam abad ke-7, tetapi hanya setelah 480, ketika senjata non-hoplite mulai dikecualikan dari falang". Anagnostis Agelarakis berdasarkan arkeologi baru-baru ini penemuan antropologi dari polyandrion monumental awal (penguburan komunal prajurit laki-laki) di Paros Island di Yunani, memperkenalkan seperempat terakhir tanggal abad ke 8 SM untuk organisasi militer hoplitic phalangeal.
Setelah penaklukan Macedonia abad ke-4 SM, hoplite itu perlahan-lahan ditinggalkan demi yang phalangite, bersenjata di fashion Macedonia, dalam pasukan dari negara-negara Yunani selatan.
Banyak kepribadian terkenal, filsuf, seniman dan penyair, berjuang sebagai hoplites.

Seorang peltast ( Yunani Kuno : πελταστής) adalah jenis infantri ringan di Yunani Kuno yang sering menjabat sebagai skirmishers.
Peltasts membawa perisai-anyaman berbentuk sabit disebut pelte (Latin: peltarion ) sebagai perlindungan utama mereka, maka nama mereka. Menurut Aristoteles pelte itu tanpa bingkai dan tertutup kulit kambing atau domba. Beberapa sumber sastra menyiratkan bahwa perisai bisa bulat tapi dalam seni biasanya ditampilkan sebagai berbentuk bulan sabit. Hal ini juga muncul dalam Scythian Seni dan mungkin telah jenis umum di Eropa Tengah . perisai itu bisa dilakukan dengan tali pusat dan pegangan tangan di dekat tepi atau hanya dengan pegangan pusat-tangan. Ini juga mungkin memiliki tali tercatat (atau baldric ) sebagai perisai peltasts Thracian mereka menggantung di punggung mereka ketika menghindari musuh. 'Senjata Peltasts terdiri dari beberapa tombak , yang mungkin memiliki melemparkan tali untuk memungkinkan lebih banyak kekuatan yang akan diterapkan untuk membuang.
Dalam periode Archaic , tradisi militer Yunani telah terfokus hampir secara eksklusif pada infanteri berat atau hoplites .
Gaya bertarung yang digunakan oleh peltasts berasal dari Thrace dan peltasts Yunani pertama direkrut dari kota-kota Yunani dari Thracian pantai. Pada vas dan gambar lainnya mereka umumnya digambarkan mengenakan kostum khas Thrace termasuk tutup Frigia . Ini terbuat dari rubah-kulit dan memiliki penutup telinga. Mereka juga biasanya memakai tunik bermotif, sepatu bot fawnskin dan jubah panjang disebut zeira dihiasi dengan pola, terang geometris,. Namun, banyak tentara bayaran peltasts itu mungkin direkrut di Yunani. Beberapa vas juga telah ditemukan menunjukkan hoplites (laki-laki mengenakan helm Korintus , tepung dan cuirasses , memegang tombak hoplite) tercatat peltes. Seringkali, mitos Amazon (perempuan pejuang) ditunjukkan dengan peralatan peltast.
Peltasts berangsur-angsur menjadi lebih penting dalam peperangan Yunani, khususnya selama Perang Peloponnesia .
Ketika Alexander Agung menjadi raja Makedonia pada tahun 336 SM setelah pembunuhan Philip II, ia juga mewarisi pasukan ayahnya. Unit penjaga tentara ini adalah Hypaspists (atau" perisai-pembawa ") dan merupakan tubuh elit dari tiga laki-laki 1.000 unit, head unit yang disebut Agema (atau "pengawal") Berbeda dengan phalanxes Macedonia, Hypaspist tidak dibentuk dari wilayah regional,. tapi bukan sebuah korps yang terdiri dari para prajurit yang terbaik dari setiap ruas. Kemudian Hypaspists adalah Argyraspids disebut (atau "perisai perak") berikut peralatan yang baru mereka mengadopsi selama kampanye India Masih banyak perdebatan di kalangan sejarawan tentang bagaimana pasukan dilengkapi.. Beberapa ahli berpikir bahwa mereka bersenjata sama dengan sisa falang yang dengan tombak dua tangan panjang, sementara yang lain berpikir bahwa mereka bersenjata ringan, dan digunakan lebih seperti Peltasts Helenistik. Tentu saja mereka digunakan dalam peran terakhir oleh Philip dan Alexander, dan selalu disebutkan kapan pasukan Alexander dibutuhkan cepat ringan untuk nya banyak pawai sisi cepat juga. retret Philip pura-pura di pertempuran Chaeronea tidak dapat dilakukan oleh barisan lamban lambat, dan banyak kemudian ketika Makedonia datang dalam konflik dengan Republik Roma Hypaspists tampaknya telah brigaded dengan Peltasts . Hypaspists menghilang dari sejarah setelah penaklukan Romawi Yunani dan Makedonia dalam 168 SM.

No comments:

Post a Comment