Wednesday, June 1, 2011

Mengintip Perpustakaan Indonesia di UI

Jalan-Jalan ke Perpustakaan Pusat UI Terbaru
foto-foto ketika jalan-jalan ke perpustakaan UI yang masih dalam masa soft opening:

Pada tanggal 30 Mei 2011 yang lalu Universitas Indonesia telah membuka fasilitas terbarunya yaitu perpustakaan pusat yang terbuka bagi mahasiswa S1-S3 maupun dosen. Pembukaan ini masih bersifat soft opening dan beberapa fasilitas masih belum tersedia. Lokasinya berada di dekat gedung rektorat UI. Kebetulan kemarin (31/05) mikoo sempat ke UI dan jalan-jalan masuk ke dalam sambil membawa kamera DSLR.

Suasana di dalam perpustakaanya cukup lapang dengan tema minimalis dan modern. Tidak seperti beberapa petugas satpam di mal/tempat umum yang sering menggangu aktivitas kegiatan memotret memakai kamera besar dengan meminta uang rokok dan pungutan lainnya berdasarkan pengalaman saya, petugas satpam disini sangat baik dan mengijinkan saya memotret ketika saya meminta izin memotret.

Di lantai 1 perpustakaan ini terdapat lab komputer dengan puluhan atau mungkin seratus apple mac yang bisa dipakai untuk mengakses internet. mikoo datang ke lab komputer ini agak pagi sehingga petugas operatornya belum ada dan komputer belum bisa dinyalakan.

Pintu masuk ke ruangan dalam perpustakaan, hanya mahasiswa dan dosen yang boleh masuk kedalam dengan menunjukkan kartu. Di dindingnya terdapat tulisan dari berbagai bahasa. Petugas di foto diatas sangat baik dan ramah senyum, penerapan service marketing yang bagus.

Koridor di setiap lantai perpustakaan. Di setiap lantai koridor tersebut terdapat belasan komputer apple mac untuk mengakses internet yang cepat. Karena masih soft opening, masih terdapat beberapa kabel yang berserakan. Lalu di dalam perpustakaan masih sempat-sempatnya mikoo buka kaskus untuk cek moderasi
:

Tempat penyimpanan buku-buku perpustakaan, raknya sampai 2 lantai

Ruangan untuk tempat membaca dan belajar, bentuk ruangan ini memanjang setengah lingkaran dan terdapat 4 lift di sebelah kiri.

Bagian luar perpustakaan dengan disainnya yang indah.

Tempat yang indah untuk duduk bersantai, di sebelah kanan terdapat starbucks cafe yang masih dalam masa renovasi.

Di bagian halaman depan perpustakaan terdapat pohon yang indah bernama baobab yang berasal dari afrika. Ketika didatangkan ke UI pohon ini masih belum memiliki daun, kelihatannya pohon ini bisa bertahan hidup disini untuk ratusan tahun kedepan jika dilihat dari daun pohonnya. selengkapnya mengenai pohon baobab: http://en.wikipedia.org/wiki/Adansonia
Perpustakaan UI ini sangat bagus sekali dan merupakan salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia, semoga saja koleksi didalamnya akan terus lengkap dan awet. Grand opening perpustakaan ini direncanakan sekitar 2 bulan lagi. Sekian saja foto-foto perjalanan mikoo hari ini, nantikan lagi foto jalan2 miko ke tempat lain.

No comments:

Post a Comment