Wednesday, June 8, 2011

Teknik-teknik Melukis Dengan Cat Air

1. Washes

Gradasi Washes untuk menggambarkan langit.
Teknik paling dasar dalam melukis dengan cat air adalah Flat Wash, yaitu dengan membasahi area kertas yang akan ditutupi warna, sehingga lebih mudah mencampurkan warna yang diinginkan di area kertas yang dibasahi tersebut. Permukaan kertas diwarnai dengan gerakan horizontal, tumpang tindih, dan berangsur bergerak dari atas ke bawah. Setelah kertas tertutup warna seluruhnya, biarkan kertas mengering, dan jangan ulangi dengan warna lain dulu, karena hasilnya bisa jadi berantakan. Anda bisa merubah gradasi warnanya di setiap baris sapuan. Pada teknik ini, warna yang gunakan harus dicairkan pada setiap sapuan horizontalnya, sehingga akan menghasilkan warna yang semakin memudar.
2. Glazing

Glazing kelabu lebih indah untuk menggambarkan bagian belakang gedung.
Glazing hampir sama dengan teknis washes, tetapi dalam teknik ini kita menggunakan sapuan warna yang tipis dan transparan di atas permukaan yang sudah mengering. Tujuannya adalah memperbaiki pewarnaan setelah proses washes. Setiap penambahan warna baru, harus dipastikan warna sebelumnya sudah mengering.
3. Wet in Wet

Wet in wet untuk menggambarkan semak belukar di kejauhan.
Wet in wet adalah proses pewarnaan cat air di atas kertas yang basah. Hasilnya bervariasi dari bentuk lembut sampai memudar, tergantung pada seberapa basah kertas yang digunakan. Teknik wet in wet dapat digunakan di atas kertas (setelah washes) jika semua permukaannya mulai mengering. Basahi saja kertas dengan kuas yang lebar, dan lukislah kertas dalam keadaan lembab. Efek halus yang dihasilkan dari teknik wet in wet ini sangat baik untuk warna dasar lukisan Anda.
4. Dry Brush

Dry brush untuk memberikan kesan detail yang tajam dan kering.
Teknik Dry brush adalah lawan dari teknik wet in wet. Pada teknik ini, kuas yang sudah dicelupkan warna seperlunya disapukan seluruhnya di atas permukaan kertas yang kering. Teknik ini akan menghasilkan efek segar, kering dan nyata. Teknik ini cenderung menentukan tema lukisan Anda dan sangat baik digunakan sebagai center of interest dari lukisan cat air yang ingin Anda hasilkan.
5. Lifting Off

Bayangan di halaman depan gedung dengan lifting off untuk memberi kesan pudar.

Lifting Off adalah teknik mengangkat atau menghapus warna cat air yang terlanjur diaplikasikan setelah kertas kering. Warna-warna seperti biru tua, merah hati atau hitam biasanya sulit diangkat atau dihapus. Jadi sebaiknya hindari warna-warna tersebut pada teknik ini. Proses pengangkatan warna ini sangat mudah. Basahi area warna yang akan dihapus dengan kuas dan air bersih, lalu serap warna-warna tersebut dengan tissue. Dengan menggunakan secarik kertas untuk menutupi area warna tertentu akan menghasilkan garis dan bentuk lebih manarik.
6. Dropping in Color

Pemberian warna lembut diteteskan ketika area kertas masih basah.
Dropping in color adalah suatu proses mengenali sebuah warna di atas area lukisan yang basah, dan memungkinkan pencampuran warna dan tekstur cat air. Terkadang hasilnya memang tak terduga, tetapi bisa memberikan gradasi dan getaran warna yang biasanya kita dapatkan melalui pencampuran warna di palet lukis.

No comments:

Post a Comment