Monday, October 4, 2010

Friendship

Apa sih yang orang-orang cari dari persahabatan?
1.
Sahabat (off course)Sahabat… bukan teman! Dalam bahasa inggris, teman disebut friend, kalo sahabat, best friend. See the difference? Ada embel-embel BEST di depan kata FRIEND. Best means yang terbaik. Teman terbaik; Teman yang (diharapkan) melewati masa-masa senang dan sulit sama-sama, yang bisa mengerti apa yang kita pikirkan dan rasakan, yang bisa kasih masukan dan dukungan, yang tau kapan dan bagaimana kita ditenangkan dan yang selalu siap dengan tangan malaikatnya untuk membantu kita… jadi ingat satu kutipan dalam Alkitab “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran” (Amsal 17:17)
Jadi jelas, sahabat itu orang terdekat lain selain keluarga. Ada satu analogi gila yang tercetus saat ada seorang teman yang bilang; darah itu lebih kental dari air… iya sih bener! Ini menyatakan bahwa persaudaraan itu lebih kuat… terus, dengan isengnya ada yang ngomong gini, “iyah, tapi kalo lagi kehausan, kita ga mungkin minum darah dong, kecuali lo vampir… dalam kondisi kek gitu, lo pasti prefer minum AIR… lebih seger!”

Hahaha… gw stuju! Kedengarannya kocak gila, tapi bener. Ada saat di mana masalah kita bukan untuk menjadi konsumsi keluarga dan bahkan di saat-saat itu, kita tidak sendiri! Ada sahabat yang siap menyambut dengan tangan terbuka; siap menerima apapun resiko terburuk untuk sahabatnya! Itulah yang dimaksudkan dengan air yang bisa menghilangkan rasa haus…

2.
Kenyamanan
Absolutely comfortness… ga dengan semua orang kita bisa ngerasa klop. Misalnya nih, kita ga bisa curhat masalah-masalah kita dengan orang yang ga sreg atau denger solusi dari seseorang yang kita pikir ga kenal kita sama sekali. Dalam hal ini, kenyamanan menjadi faktor penentu. Kalo kita nyaman sama orang, ngapa-ngapain aja pasti asik! Dan itulah yang kita rasakan sama sahabat. Mau jalan2 sampe betis berkonde, mau ngobrol sampe mulut berbusa atau shopping til drop, ayo aja… kesannya “I can handle everything with you by my side!”

3.
Tempat berbagi suka dan duka
Karena udah ada rasa nyaman, kita jadi ga canggung. Mau ngapa-ngapain aja sok atuh! Yang awalnya kita hanya berani berbagi kebahagiaan, lambat laun meningkat! Kita mulai berani menceritakan masalah yang menurut kita berat dan ga bisa kita tanggung sendiri.

Ada
yang bilang, persahabatan itu terjadi tanpa kita sadari. Yup, mungkin ada seleksi alam yang mengukuhkan seseorang sebagai sahabat. Karena kalo kita curhat ke orang dan orang itu mendengarkan, maka ada chemistry persahabatan yang tercipta. And that’s it, how a friendship begin :)
4.
Suaka
Bukan suaka margasatwa ya? Hehehe… yang gw maksud di sini adalah Tempat berlindung. Iya… yang pernah punya sahabat pasti tau kenapa gw masukin poin ini. Sahabat, dengan segala apa yang ada pada dirinya, pasti mau melindungi kita dari segala yang buruk dan mengancam…


Tau-ga, punya sahabat itu lebih honorable daripada punya mahkota kerajaan, lebih good looking daripada make outfit keluaran desainer top dunia, lebih gaul daripada make BB dengan casing berlian (manohara bgd, hehe) sekaligus lebih menantang daripada naek tornado!


At least, gw copy status sahabat gw d fesbuknya; we’ve known each other by chance, became friends by choice, still friends by decision and when we say friend forever, that’s definitely a lifetime promise!

No comments:

Post a Comment