Monday, October 4, 2010

ilmu manusia

Setuju ga, kalo gw bilang, kita ga akan pernah benar-benar mengenal seseorang (meskipun itu orang yang paling dekat dengan kita)?
Well, kita sering banget ketipu dengan keadaan. Sometimes, kita ngerasa kek kita udah hafal banget ma kelakuan, kebiasaan, tabiat dan watak seseorang. Kita bisa tau kapan dia lagi marah, kapan lagi seneng, kapan lagi ga pengen ngomong, dll…
Tapi, tau ga, itu ga mutlak! Mempelajari diri dan sifat manusia ga segampang belajar Fisika (lo kate Fisika gampang? hehehe, gila lo!). Hmmm, udah ngebayangin kan gimana killernya Fisika? Itu aja masih kalah ama mempelajari manusia. Let me make it clear, Fisika mempelajari objek bergerak maupun tidak bergerak, kita mempelajari energinya, gayanya, hambatannya dan lain-lain yang bikin gw puyeng. Itu semua dipelajari dan dihitung secara eksak dengan persamaan-persamaan rumit yang bikin otak makin berjonjot! Kalo ilmu manusia, kita mempelajari sebuah objek bergerak dan memiliki kekuasaan penuh terhadap segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh, hati dan pikirannya J
Ketika sebuah persamaan fisika telah dapat diselesaikan, kita akan memperoleh hasil pasti. Tapi, sifat manusia? Gw berani bilang kalo cuma hasil yang ga pasti dan seering sekali menimbulkan pertanyaan baru. Dan terus. Dan terus.
Kata gw sih, selama manusia hidup, perubahan akan konstan terjadi dalam sifat, perilaku dan kebiasaannya, tergantung pada lingkungan (salah satu aplikasi fisika yang nyata dalam kehidupan sehari-hari; lingkungan mempengaruhi sistem J)
Jadi, ketika kita sudah merasa mengenal seseorang, jangan berbangga hati dulu… masih ada banyak sekali misteri dalam dirinya yang gw yakin banget ga bakalan kita pecahin sampe kita ga di dunia lagi...
Masih ga yakin dengan apa yang gw bilang???
Tanya diri sendiri deh… apa pernah lo nemuin orang yang bener-bener ngerti lo 100%? Apa pernah lo ngerasa sangat klop dengan seseorang tanpa ada sedikitpun keraguan? Apa ada orang yang tau banget apa yang lo mau?
Jawabannya hampir pasti; nggak ada!
Kenapa?
Perubahan!
Kita berubah… Orang-orang lain juga berubah… Dan ini terus berlanjut sepanjang hari-hari hidup kita. Bisa jadi hari ini gw suka cappuccino, besok gw suka teh manis dan besoknya lagi gw prefer minum cola. Atau lo hari ini suka nonton film komedi, besok suka film romantis dan bulan depan suka film action.
Ini proses berkelanjutan. Selama masih hidup, kita akan terus berubah sesuai suasana hati dan tuntutan zaman. So, kita ga akan pernah kenal orang 100%...

No comments:

Post a Comment